Sebuah perusahaan dari negara "kincir angin" belanda bernama Plant-e, telah mengembangkan sebuah produk yang dapat menghasilkan tenaga listrik dari tanaman atau dengan kata lain kita bisa "memanen listrik" dari tumbuhan--tumbuhan hijau


Image: http://www.plant-e.com/en/

Plant-e berdiri pada tanggal 14 September 2009 sebagai perusahaan sampingan dari sub-departemen Teknologi Lingkungan Universitas Wageningen, Belanda. Dalam penelitiannya saat mengambil gelar PhD, Marjolein Helder dan David Strik mendirikan perusahaan tersebut dan memperkerjakan Nanda Heshof pada September 2012. Setelah Marjolein lulus dan mendapatkan gelar PhD, dia dan Nanda mulai bekerja fulltime untuk mengembangkan Plant-e pada Januari 2013. Sekarang Plant-e telah dikembangkan oleh tim dengan 8 orang anggota.

Cara kerja Plant-e adalah dengan memanfaatkan sisa "Bahan Organik" yang dihasilkan oleh tumbuhan-tumbuhan hijau saat proses fotosintesis yang dibuang ke tanah. Secara alami bakteri menguraikan "Bahan Organik" dalam tanah dan mengeluarkan elektron-elektron saat proses penguraian terjadi. Elektron-elektron inilah yang dapat digunakan sebagai sumber listrik.



Hasil penelitian tersebut juga menunjukkan bahwa pertumbuhan tanaman tidak akan terganggu walaupun proses "pemanenan elektron-elektron" ini dilakukan.

Bukankah tidak ada lagi sumber listrik yang "sehijau" ini?



Sumber : http://www.plant-e.com/en/